Categories
Home

Kayu Cantik dan Panjang Umur

Kayu Cantik dan Panjang Umur – mengecat Kayu bukan semata untuk menambah indah tampilan, namun juga melindungi kayu terhadap cuaca dan memperpanjang usia kayu. Ada 2 jenis cat kayu, yaitu cat solid atau yang biasa disebut produsen cat dengan opaque finish, dan cat transparan atau clear finish. opaque Finish untuk eksterior Cat solid atau opaque finish, hasil pelapisannya menutup permukaan material. karena itu, jenis cat ini cocok diaplikasikan untuk kayu yang memiliki tampilan kurang menarik atau terdapat banyak cacat. Opaque finish untuk eksterior ada 3 jenis.

1. cat sintetik/cat minyak Cat ini seringkali disebut cat kayu atau besi. Terbilang jenis cat yang sangat umum digunakan karena sangat mudah diaplikasikan dan harganya relatif murah. Tidak perlu menggunakan tukang atau aplikator khusus, cara pengaplikasiannya cukup menggunakan kuas.

2. cat Duco Duco (duko) terbuat dari resin NC (nitrocellulose). Walaupun banyak dipergunakan dalam industri otomotif untuk mengecat mobil, namun duko juga dapat dipergunakan untuk kayu. Tampilan yang dihasilkan cat duko lebih mewah dibandingkan cat sintetik. Aplikasinya harus menggunakan spray gun atau semprot kompresor sehingga perlu tukang khusus.

3. Pu coating Pu (polyurethane) termasuk cat 2 komponen yang harus dicampur hardener (biasa disebut “obat”) terlebih dahulu sebelum diaplikasikan. oleh karena itu lapisan cat Pu lebih keras, lebih tahan gores, tidak mudah retak, tahan bahan kimia rumah tangga, lebih rata, dan lebih halus. Cat Pu yang dapat digunakan untuk eksterior adalah jenis Pu Acrylic. Pu Acrylic ini juga terbagi 2, yaitu Pu Acrylic low yellowing dan Pu Acrylic nonyellowing. Pu Acrylic yang paling tinggi kualitasnya adalah jenis non-yellowing yang tidak akan berubah warna menjadi kuning. sangat cocok untuk warna putih dan warna-warna yang muda.

Baca Juga : Jual Genset Jakarta

karena kualitasnya yang baik, cat ini banyak juga dipakai untuk mengecat mobil-mobil kelas high-end. clear Finish untuk eksterior Jenis-jenis kayu yang memiliki tampilan serat indah sebaiknya dicat dengan clear finish karena hasil pelapisannya tidak menutup permukaan substrat. bahan pewarna untuk clear finish adalah pewarna transparan yang hasil akhirnya memungkinkan keindahan serat alami kayu terlihat. Jenis bahan pewarna transparan terbagi 2, yaitu dyesttuff stain yang sangat transparan sehingga serat kayu tampak lebih hidup, namun ini hanya dapat digunakan untuk interior. Dan yang kedua, pigment stain yang tidak terlalu transparan serta dapat dipakai untuk eksterior jika menggunakan pigmen khusus untuk eksterior. Clear finish ini hanya cocok diaplikasikan untuk material kayu. Clear finish untuk eksterior ada 3 jenis.

1. Politur Jika menyebut kata politur, yang terbayang adalah politur tradisional yang terbuat dari okker atau sirlak. Politur tradisional hanya dapat digunakan untuk interior karena tidak tahan cuaca. Namun sekarang produsen cat seperti Propan memiliki produk politur untuk eksterior. ultran Politur P-01 dapat digunakan untuk kayu eksterior yang berada di bawah overstek, misalnya untuk pintu, kusen, dan jendela bagian luar. Ada pula ultran Politur P-03 uV yang digunakan untuk kayu bangunan yang terpapar terik sinar matahari dan hujan sepanjang hari, seperti pergola, pagar, dan gazebo.

2. Lasur Lasur adalah jenis politur yang dibuat untuk cuaca eksterior yang lebih ekstrim, misalnya di pinggir pantai yang udaranya mengandung garam yang merusak lapisan cat, atau di dataran tinggi pegunungan yang kelembapan dan curah hujannya tinggi.

3. Pu Lacquer Pu (polyurethane) Lacquer adalah cat Pu tanpa warna. untuk eksterior, jenis Pu Lacquer yang digunakan adalah tipe Pu Acrylic non-yellowing. sementara untuk warnanya bisa menggunakan utran Politur P-01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *