Categories
Parenting

Seminardeteksi Dini Kanker Prostat

Laju prevalensi kanker prostat cukup tinggi di Indonesia yaitu 11.5 per 100.000 penduduk dengan estimasi 5.074 kasus baru terjadi tiap tahun. Laju insidensi kanker prostat ini menempati urutan keempat terbanyak pada pria setelah kanker paru dan bronkus, kanker kolon dan rektum, serta kanker hati. Atas dasar hal tersebut, beberapa waktu lalu Laboratorium Klinik Prodia menggelar Seminar “Deteksi Dini Kanker Prostat Bahagia Kemudian!” di Gubug Mang Engking D’ Breeze Tangerang.

Hadir sebagai pembicara, dokter spesialis urologi dr. Yudi Amiarno, SpU dan Intan Wibawanti Masfufa, SFarm., Apt. dengan moderator Dra. Herlina Soemitro. Menurut Yudi, makin meningkatnya usia seseorang maka, kanker prostat cenderung berkembang yang meningkat mulai 1:10.000 pria pada usia < 39 tahun, 1:103 pada rentang usia 40-59 tahun, 1:8 antara usia 69- 79 tahun.

Untuk stadium awal, pada umumnya kanker prostat belum menunjukkan adanya gejala. Namun, pada stadium lanjut, individu dapat mengalami gangguan aliran urine, antara lain tidak mampu untuk urinasi, yakni sulit memulai atau menghentikan aliran urine sering urinasi terutama saat malam, ditemukan darah di urin, nyeri dan rasa membakar ketika urinasi.

Gejala lainnya adalah nyeri yang dapat menjalar ke tulang belakang bagian bawah, pelvis, atau paha atas yang menjadi indikasi bahwa penyakit telah menyebar ke tulang. Untuk beberapa tipe kanker, deteksi dini dapat membantu menemukan kanker pada stadium awal, sehingga lebih mudah penanganan medisnya, termasuk deteksi dini kanker prostat.

American Cancer Society menyarankan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker prostat dilakukan apabila terdapat riwayat keluarga (ayah atau saudara) yang pernah menderita kanker prostat (berisiko tinggi). Selain Digital Rectal Examination (DRE), pengukuran Prostate Specifi c Antigen (PSA) menjadi salah satu pemeriksaan penting dalam deteksi dini kanker prostat. (SP/Prodia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *